Sabtu, 19 Mei 2012

5 Tips Menyingkirkan Kegemukan Saat Tidur

Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!
[imagetag]

Selama ini banyak penelitian yang mengungkapkan tentang bahaya kurang tidur. Salah satunya adalah meningkatkan berat bada. Hal tersebut terjadi karena produksi hormon ghrelin terpicu sehingga merangsang nafsu makan menjadi besar.

Tidak hanya itu, orang yang kurang tidur juga dikatakan cenderung jarang makan sayur, mereka lebih suka memakan makanan yang mengandung banyak karbohidrat dan lemak.

Sebaliknya, jika orang yang memiliki jam tidur cukup, maka akan berakibat positif pada tubuh, mulai dari kesehatan yang prima dan tentu saja penurunan berat badan.

"Kurang tidur menyebabkan tubuh memakan sampai 300 kalori lebih dalam sehari dibandingkan saat tubuh memiliki waktu istirahat yang cukup," kata Dr Oz dalam acara TV 'The Dr. Oz Show'.

Maka dari itu, mengatur pola tidur juga sangat penting karena dapat mempengaruhi berat badan. Apalagi jika anda sedang merencanakan diet untuk mengurangi kegemukan.

Nah jika anda ingin memiliki pola tidur yang sehat yang dapat menurunkan berat badan, ada baiknya anda mengikuti beberapa tips berikut ini seperti yang dikutip dari mnn, Rabu (01/02/2012).

1. Buat rencana memperpanjang waktu tidur

Menurut Dr Oz, dengan menambah waktu tidur hingga satu jam bisa mengurangi berat badan hingga 6,35 kg per tahun. Untuk itu, cobalah tidur lebih awal dan selesaikan tugas harian lebih dini agar anda memiliki lebih banyak waktu tidur.

2. Tegas pada jadwal jam tidur

Banyak orang yang 'lupa' jika tubuhnya harus beristirahat dengan cukup. Makanya anda harus tegas pada jadwal jam tidur dan memastikan untuk mulai tidur pada jam yang tepat sehingga bisa memperoleh tidur malam yang baik.

3. Relaksasi sebelum tidur

Kondisi stres seringkali membuat mata sulit terpejam. Alhasil, waktu istirahat tubuh pun menjadi kacau. Makanya sebelum tidur, cobalah usir stres yang mendera di kepala anda dengan berbagai tehnik relaksasi yang dapat menenangkan, seperti bernafas dalam-dalam, meditasi atau bisa juga mendengarkan musik yang tenang.

Untuk menambah rileks, anda juga bisa mandi air hangat atau menaruh aroma therapy di sudut kamar.

4. Minum suplemen untuk menenangkan

Ini merupakan sebuah opsi, namun jika anda memang kesulitan untuk tidur, cobalah mengkonsumsi suplemen kalsium (dosis aman 600 mg) dan magnesium (dosis aman 400 mg). Kedua zat ini diketahui dapat membantu menenangkan sistem safar dan bertindak sebagai pembantu tidur secara alami.

5. Matikan Lampu

Terlepas dari anda suka atau tidak, banyak pakar yang menganjurkan bahwa suasana tidur yang terbaik adalah suasana tenang dan gelap. Menurut mereka, gelao dapat membantu tubuh merangsang produksi hormon melatonin, hormon yang menyebabkan kantuk.

Untuk itu, cobalah biasakan mematikan lampu atau berbagai peralatan elektronik lainnya yang memancarkan cahaya.

Sumber: lintas.me
129798

Mr. X 19 May, 2012


-
Source: http://blogger--iseng.blogspot.com/2012/05/5-tips-menyingkirkan-kegemukan-saat.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar